Home ::: Headline ::: 8 Alasan Kuliah Tidak Penting Versi Deddy Corbuzier!

8 Alasan Kuliah Tidak Penting Versi Deddy Corbuzier!

Untuk kesekian kalinya Deddy Corbuzier mengeluarkan pernyataan yang asti akan dianggap kontroversial melalui channelsnya di youtube.

Namun kalau menurut saya pribadi, apa yang Deddy Corbuzier tersebut dia tekankan berdasarkan pengalaman dan pemikiranya juga atas pengalaman serta realita yang dia lihat.

Sebelum anda gagal faham dan selalu gatal langsung ingin membully bahwa apa yang dikatakan Deddy Corbuzier SALAH dan tidak layak, atau mungkin dianggap menyesatkan, saya harap anda catat baik-baik hal ini.

Jika seharusnya saya menjelaskan dan menekankan ini di akhir tulisan, namun karena saya sudah terlalu faham polapikir netizen yang seringkali MALAS BACA tapi CEREWET BANGET di SOSIAL MEDIA, maka saya harapkan anda kalaupun malas baca, setidaknya di paragraf-paragraf awal ini anda membaca pesan saya ini.

Saat Deddy Corbuzier mengatakan seperti itu, anda wajib faham bahwa Deddy Corbuzier tidak bermaksud mengatakan “SAMA RATA”.

Sama rata yang dimaksud Deddy Corbuzier tentunya bermaksud bahwa Deddy Corbuzier tidak mengatakan bahwa kuliah mutlak tidak penting. Karena pernyataan Deddy Corbuzier tersebut adalah video berseri yang masih ada kelanjutanya.

Dalam video kelanjutanya, Deddy Corbuzier juga menyebutkan alasan kenapa kuliah dianggap penting.

Sampai sini, semoga anda faham lebih dahulu bahwa saat Deddy Corbuzier membuat tulisan 8 Alasan Kuliah tidak penting, maka anda harus catat bahwa itu fokus pada pengalaman Deddy Corbuzier sendiri, juga pengalaman teman dekat, pengalaman orang yang dia kenal, atau juga berdasarkan pengetahuan dan pemikiranya.

Namun yang pasti, jika memang Deddy Corbuzier secara pribadi memang menganggap bahwa kuliah tidak penting, maka anda tidak perlu marah-marah ke Deddy Corbuzier, yang pada kenyataanya memang dia sendirilah yang mengalami dan merasakan bahwa Deddy Corbuzier punya 8 alasan bahwa kuliah tidak penting.

Jika anda berfikir berbeda dengan Deddy Corbuzier, maka anda tidak perlu marah-marah dan membenci Deddy Corbuzier, karena ini soal pemikiran dan pengalaman pribadi masing-masing orang yang mereka mengalaminya sendiri.

Kalau ternyata anda misalnya bisa sukses karena kuliah anda, itu artinya tulisan Deddy Corbuzier tersebut tidak ditujukan untuk orang-orang seperti anda.

Deddy Corbuzier juga tegas mengatakan bahwa jika anda ingin menjadi dokter, pengacara, hakim, dan profesi lain yang memang untuk bisa menjadi profesi tersebut wajib melalui jalur kuliah, maka itu artinya kuliah menjadi sangat penting.

Kalau saya sendiri kebetulan saja juga sama persis seperti pendapat Deddy Corbuzier, karena memang fakta dan berdasarkan pengalaman saya, ternyata ilmu yang saya dapat dari bangku kuliah memang tidak membantu saya untuk bisa sukses.

Karena ternyata ilmu yang saya dapat justru memang murni dari kerja keras saya yang mau banyak BACA, PRAKTEK, DISKUSI, BACA LAGI, PRAKTEK LAGI, DISKUSI LAGI, BACA LAGI, PRAKTEK LAGI, dan seterusnya.

Oke, cukup ya penjelasanya saya sengaja tulis diawal biar anda tidak GAGAL FAHAM dan asal membully.

Sekarang mari kita bahas ke pokok bahasan 8 Alasan Kuliah Tidak Penting Versi Deddy Corbuzier!

8 Alasan Kuliah Tidak Penting Versi Deddy Corbuzier!

#1. Kuliah Sudah Ketinggalan Zaman

Deddy Corbuzier beranggapan bahwa kuliah sekarang sudah ketinggalan zaman. Kenapa? Karena jika kuliah dilakukan zaman dulu, maka kuliah masih penting karena belum banyak orang kuliah, sehingga di zaman dahulu begitu bisa kuliah maka ada kemungkinan besar akan sukses karena banyak dibutuhkan begitu lulus.

Namun sekarang ini, dengan semakin banyaknya orang kuliah, maka kuliah tidak lagi dianggap sesuatu yang istimewa, sehingga karena banyaknya orang kuliah, maka begitu lulus kuliah banyak yang nganggur dan bingung mau apa?

 

#2. Biaya Kuliah Sangat Mahal

Deddy Corbuzier disini menegaskan tentang mahalnya biaya kuliah yang semakin mahal. Deddy Corbuzier juga menegaskan sudah bayar mahal, tapi tidak sebanding dengan apa yang didapat mahasiswa.

Kalau anda anak orang kaya, dan anda tidak pernah memikirkan bagaimana sulitnya cari duit, mungkin biaya kuliah yang mahal bukan jadi soal. Tapi bagi saya ini sungguh teramat sangat membuat saya marah. Marah karena sudah capek-capek saya kerja keras sambil kuliah, ternyata apa yang saya dapat di bangku kuliah tidak sebanding dengan biaya selama saya kuliah.

Lebih gila lagi, kita disuruh kuliah, tapi ternyata ujung-ujungnya kita dapat ilmunya ya justru dari buku dan GOOGLE saat kita mengerjakan tugas. Sedangkan ilmu yang murni dari para dosen, paling hanya sedikit sekali.

 

#3. Jika Kuliah Murah

Jika kuliah mahal juga jadi masalah, seandainya saja kuliah murah diterapkan sekalipun, hal tersebut juga dianggap Deddy Corbuzier sebagai masalah karena saat banyak orang kuliah, maka pengangguran akan semakin meningkat jika semua yang kuliah tujuanya supaya mencari pekerjaan, bukan menciptakan lapangan pekerjaan.

Sialnya lagi, di Indonesia pada kenyataanya, hampir rata-rata kuliah memang dipersiapkan untuk jadi pekerja [karyawan], bukan untuk jadi pengusaha [berwirausaha].

 

#4. Salah Jurusan

Kalau yang ini Deddy Corbuzier mencontohkan banyak orang yang kuliah justru tidak sesuai dengan passionya. Akibatnya, orang kuliah hanya asal-asalan karena pilihan jurusanya tidak diterima, tak masalah salah jurusan yang penting kuliah.

 

#5. Gaji UMR

Saat ini hampir rata-rata gaji mereka yang sudah kuliah tetap saja gajinya sesuai UMR. Bahkan kalau anda memilih profesi guru, pada awal-awal kerja bisa dipastikan gaji anda jauh di bawah UMR.

Deddy Corbuzier menekankan bahwa saat ini jika anda kuliah untuk bisa kerja lebih baik, maka anda tidak ada gunanya kuliah karena terkadang pada pekerjaan tertentu justru gaji lulusan SMK bisa jauh lebih tinggi dari mereka yang kuliah.

 

#6. Tidak Ada Garansi

Tidaka da satupun kampus yang memberikan jaminan dan garansi jika anda kuliah pasti sukses. Jangankan kok jaminan bisa sukses, menjamin anda dapat kerjaan setelah lulus saja, tidak ada kampus yang berani menjamin anda bisa langsung kerja.

Jadi intinya, anda kuliah bisa sukses-bisa juga tidak, demikian juga sebaliknya, anda tidak kuliah juga tetap punya kesempatan untuk sukses dan gagal.

 

#7. Statistically Wrong

Menurut Deddy Corbuzier, secara statistik banyak orang-orang sukses dan memiliki nama besar justru mereka raih bukan karena ilmu di bangku kuliah. Sedangkan justru banyak mereka yang kuliah setelah lulus bingung cari kerjaan dan hdidup pas-pasan, atau justru malah melamar pekerjaan di tempat kerja yang dimiliki oleh orang yang tidak kuliah.

 

#8. Kuliah Beda dengan Realita

Selama kuliah, menurut Deddy Corbuzier hanya mengajarkan teori yang terkadang bahkan seringkali berlawanan dan tidak sesuai dengan realita.

Setidaknya itulah 8 Alasan kenapa kuliah dianggap tidak penting versi Deddy Corbuzier. Anda boleh setuju, boleh juga tidak karena faktanya, pengalaman antara satu dengan yang lainya jelas berbeda-beda.

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Krisis Rohingya: Solusinya Tak Hanya Mengecam dan debat di SosialMedia

Saya turut berduka atas tragedi yang terjadi di Rohingnya, Myanmar. Namun saya juga jauh lebih …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*