Home / Teknologi Informasi / Awas! Tonton Foto Porrno di Facebook Bisa Curi Password Anda, Ini Penjelasanya
ilustrasi

Awas! Tonton Foto Porrno di Facebook Bisa Curi Password Anda, Ini Penjelasanya

Awas! Tonton Foto Porrno di Facebook Bisa Curi Password Anda, Ini Penjelasanya.

Personal BLOG | Tahukah anda bahwa apapun yang paling banyak dicari dan dilihat oleh netizen, maka disitulah banyak pihak ingin ambil kesempatan untuk mengambil keuntungan. Salah satunya yaitu terkait dengan banyaknya beredar foto porrno di facebook.

Foto porrno yang belakangan banyak beredar di Facebook ternyata menyimpan bahaya lain, ada pencuri password di dalamnya, demikian terungkap sebagaimana saya kutip langsung dari CNN Indonesia [31/7/15].

Jebakan foto porrno di Facebook kian meresahkan. Banyak pengguna yang tertipu, kemudian akun mereka dijadikan alat penyebaran foto tak pantas tersebut. Aksi ini pun kemudian terus terulang yang sampai saat ini belum terbendung.

Di balik aksi melakukan posting tanpa izin, ternyata teror foto porrno yang disebut Vietnam Rose itu juga bisa mengambil password para korbannya. Bagaimana caranya?

Vietnam Rose terbagi dalam dua jenis serangan, pertama berupa gambar porrno yang kemudian ditautkan dengan situs untuk mengunduh malware. Cerita lengkap serangan ini bisa dilihat pada tautan berikut ini.

Kemudian serangan lainnya punya mekanisme yang mirip. Gambar porrno tersebut ditautkan kepada situs palsu yang dirancang untuk mencuri password pengguna.

Saat diklik gambar porrno tersebut akan mengantarkan calon korbannya ke situs tertentu, tapi kali ini situs tersebut akan menampilkan pesan error. Isinya kurang lebih menginformasikan adanya kesalahan yang meminta pengguna untuk kembali melakukan login.

Pengguna yang terkecoh, bisa dipastikan akan menuruti perintah tersebut. Padahal tanpa sadar calon korban akan dibawa kesitus yang tampilannya dibuat semirip mungkin dengan halaman resmi Facebook.

Saat korban memasukan username dan password, maka saat itu juga akun pengguna resmi dicuri. Dan menurut Alfons Tanujaya, antivirus expert dari Vaksincom, jumlah korban di Indonesia lumayan besar.

“Jumlahnya besar. Untungnya tombol login situs tersebut masih pakai bahasa Vietnam,” katanya, melalui pesan instan kepada CNN Indonesia, Jumat (31/7).

Sejauh ini memang belum diketahui secara pasti berapa jumlah akun yang berhasil dicuri, namun untuk situs itu sendiri sudah dilihat sekitar 7.000 kali oleh pengguna di Indonesia.

Jadi mulai sekarang, saya sarankan untuk anda yang masih suka lihat gambar-gambar maupun foto porrno di Facebook, anda harus lebih berhati-hati lagi. Tidak hanya dikarenakan adanya bahaya ancaman pencurian data password anda sebagaimana penjelasan diatas, namun juga dikarenakan melihat gambar maupun foto porrno di facebook bukanlah hal yang baik. Silahkan dibagikan kepada teman-teman anda yang masih suka lihat yang begituan di facebook, biar mereka tahu bahayanya.

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Tampilan Facebook Berubah

Coba anda amati mulai halaman akun facebook anda, apakah anda melihat ada yang berubah? Kalau …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*