Home ::: Headline ::: Banyak Beredar SPAM di Facebook, Ini yang HARUS anda Lakukan

Banyak Beredar SPAM di Facebook, Ini yang HARUS anda Lakukan

SPAM di Facebook

Personal BLOG | Akhir-akhir ini saya menerima kiriman dari beberapa teman saya yang tanpa seizin saya menandai saya disebuah komentar foto Facebook Orang yang tidak saya kenal.

Setelah saya cek, ternyata di foto tersebut tertulis keterangan berbunyi seperti ini, “Buat Tema Bintang kelap-kelip + emoji warna warni + musik + lihat pengintip profilmu. caranya : Bla bla bla bla…”

Membaca seperti itu mungkin buat anda dan atau beberapa orang akan tertarik untuk mencobanya. Tapi tidak untuk saya karena saya anggap akun itu telah mengganggu kenyamanan saya karena melakukan penyebaran SPAM ke siapapun mungkin termasuk anda.

Jika anda mengalami apa yang saya alami, saya sarankan jangan pernah ikuti cara itu apalagi melakukan klik url/link yang ditautkan dalam foto tersebut.

Hal tersebut sangat memungkinkan penyebaran virus bahkan yang lebih berbahaya adalah bisa mencuri username dan password anda di facebook. Jadi lebih baik waspada !

Kalaupun misal itu benar, apa manfaatnya untuk anda?

Belum lagi pertimbangkan juga tentang berbagai modus penyebaran virus sekarang yang makin beragam. Tentunya itu akan jauh lebih besar resikonya daripada manfaatnya.

Jika anda setuju dengan pendapat saya, untuk menghentikan langkah orang-orang tersebut menyebarkan SPAM tersebut, maka yang harus anda lakukan adalah LAPORKAN GAMBAR TERSEBUT SEBAGAI SPAM.

Caranya silahkan anda klik “LAPORKAN” sebagaimana tertulis pada petunjuk anak panah pada gambar 1 diatas.

Jika sudah maka akan muncul pilihan menu, Pilihlah Menu bertuliskan “INI SPAM”.

Jika anda sudah pilih “INI SPAM”, langkah selanjutnya silahkan anda klik “LANJUTKAN”, maka akan muncul tampilan menu seperti dibawah ini:

Pilih Ini FOTO SPAM kemudian Klik SELANJUTNYA
Pilih Ini FOTO SPAM kemudian Klik LANJUTKAN

Silahkan anda pilih Menu “INI FOTO SPAM” sebagaimana gambar dibawah ini dan selanjutnya anda klik “LANJUTKAN” pada bagian bawah sehingga akan muncul pilihan menu yang menanyakan kepada anda, Apakah anda ingin si pemilik akun diberitahukan jika dia sudah melakukan spam atau tidak.

Jika saya sendiri memilih menu “LEWATI” saja karena tidak perlu dikasih tahu ke pemilik akunya sekalipun, dia sudah tau kalau dirinya itu memang pelaku penyebar SPAM dengan sangat sengaja.

Klik menu “LEWATI” saja maka langkah anda untuk melaporkan foto tersebut sebagai SPAM sudah selesai.

Selanjutnya dari pihak Facebook memberitahukan jika proses anda sudah selesai dan untuk selanjutnya pihak Facebook akan melakukan pengecekan sebagaimana terlihat dalam gambar dibawah ini:

SPAM di Facebook 4

Semakin banyak pihak yang melaporkan, maka semakin cepat pula pihak Facebook menindaklanjuti laporan kita.

Beberapa saat yang lalu saya juga pernah melaporkan sebuah Group yang jelas-jelas menghina kitab suci yang di injak-injak oleh kelompok tertentu.

Pada awalnya laporan saya tidak ditanggapi, kemudian saya mengajak teman-teman saya untuk melaporkan ke pihak Facebook, hingga akhirnya laporan saya diterima dan akhirnya group tersebut sekarang sudah dihapus dan diblockir oleh pihak Facebook.

Kita boleh melakukan apapaun yang kita suka di facebook dan jejaring social lainya. Tapi ingatlah bahwa kebebasan kita akan selalu dibatasi oleh kebebasan orang lain.

Silahkan berkreatifitas dan memanfaatkan jejaring social seperti facebook dengan sebebas-bebasnya tapi tetap dengan batas kewajaran dan azas manfaat serta tidak mengganggu privasi orang lain.

Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan supaya teman-teman kita mengetahuinya.

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Krisis Rohingya: Solusinya Tak Hanya Mengecam dan debat di SosialMedia

Saya turut berduka atas tragedi yang terjadi di Rohingnya, Myanmar. Namun saya juga jauh lebih …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*