Home ::: Headline ::: Berpikir Positif dan Nonton Film Lucu Bisa Usir Batuk dan Pilek

Berpikir Positif dan Nonton Film Lucu Bisa Usir Batuk dan Pilek

Pilek

Personal BLOG | Anda pastinya harus waspada dan ingat jika musim hujan datang, penyakit bernama flu dan batuk menjadi penyakit yang paling “rajin” datang mengunjungi ke tubuh kita.

Untuk mengantisipasi dan mengobatinya, ada cara lain selain minum obat.

Berikut ini merupakan beberapa cara menyenangkan yang bisa dilakukan untuk mengobati dan mencegah terjadinya serangan batuk dan pilek sebagaimana saya kutip dari detikHealth yang mengutip dari MSN (25/12/13) ;

1. Pijat

Dipijat oleh orang lain atau hanya memanfaatkan kepalan otot Anda bisa membantu mengurangi hormon stres alias kortisol serta meningkatkan respons imun. Studi Cedars-Sinai tahun 2012 menunjukkan orang dewasa sehat yang rutin dipijat ala Swedia selama lima minggu memiliki peningkatan limfosit yang berguna untuk melawan penyakit.

2. Menonton film lucu

Tertawa bisa memicu pertumbuhan sel-sel pelindung tubuh, terutama sel-sel darah putih yang disebut sel T dan berasal dari thymus serta sistem kekebalan tubuh. Tertawa dikenal bisa menurunkan tingkat stres sehingga sistem kekebalan tubuh pun terpengaruh. Meskipun review di Complementary Medicine mengatakan bahwa hubungan kegembiraan dengan kekebalan terkadang masih bersifat tentatif.

3. Berpikir positif

Dengan tetap bersyukur dan berusaha mengambil hikmah dari apa yang Anda alami, bisa memicu koneksi antara kekebalan dan kesenangan. “Terutama dalam situasi stres jangka pendek, menjaga tubuh tetap optimis dan positif sangatlah membantu,” kata psikolog Carl Charnetski.

4. Bercinta

Studi dari Wilkes Univeristy, Pennsylvania melaporkan bahwa peserta penelitian yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki imunoglobulin A (antibodi yang menangkal virus flu) lebih banyak dalam air liurnya ketimbang peserta yang jarang berhubungan intim. Beberapa peneliti mengatakan seks di pagi hari bisa mendorong produksi bahan kimia pengurang stres yang dapat bertahan sepanjang hari.

5. Konsumsi ‘pelangi’

Pelangi dalam hal ini adalah makanan yang kaya antioksidan. Menurut ahli gizi dari Duke University, Beth Reardon, beberapa asupan yang bisa diandalkan adalah blueberry, cranberry, stroberi, kangkung, wortel, bit, dan kol ungu.

6. Pergi tidur lebih awal

Banyak data menunjukkan orang yang jam tidurnya setiap hari kurang dari tujuh jam tiga kali lebih rentan terkena batuk dan flu. Sebab, pada dasarnya tidur justru bisa membakar bahan bakar untuk pembentukan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kurang tidur juga bisa memicu seseorang merasa stres.

7. Hang out dengan teman

Hang out bisa sekaligus Anda jadikan ajang berolahraga. Selain tubuh bugar, kondisi psikis Anda pun akan berpengaruh karena orang yang kesepian cenderung mempunyai kekebalan tubuh yang rendah. Studi dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa orang-orang yang memiliki jaringan sosial luas, akan lebih sebentar terkena flu. Jadi, tak ada salahnya Anda mengunjungi teman atau berjalan keliling komplek bersamanya, asal pastikan virus flu tidak menular, misalnya dengan menggunakan maske

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

3 Penjelasan HUMAS POLRI ini Cenderung Bela Komunitas Motor Gede yang Langgar Lampu Merah?

3 Penjelasan HUMAS POLRI ini Cenderung Bela Komunitas Motor Gede yang Langgar Lampu Merah? Personal BLOG …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*