Home ::: Kesehatan ::: Hasil Penilitian Terbaru, Ternyata Minum 4 Cangkir Kopi Tiap Hari Efektif Cegah Kanker
ilustrasi: chriissydollxo.com

Hasil Penilitian Terbaru, Ternyata Minum 4 Cangkir Kopi Tiap Hari Efektif Cegah Kanker

Hasil Penilitian Terbaru, Ternyata Minum 4 Cangkir Kopi Tiap Hari Efektif Cegah Kanker.

Perssonal BLOG | Untuk anda yang sudah suka kopi, mungkin informasi ini tanpa anda tahu sekalipun, anda sudah akan mendapatkan manfaatnya karena kebiasaan ngopi anda.

Namun bagi mereka yang masih “alergi” atau tidak suka ngopi, mungkin artikel yang saya kutip dari detikHealth ini bisa memotivasi anda untuk merubah pikiran anda agar mencoba nikmatnya kopi.

Bukan karena kenikmatan rasanya, akan tetapi karena manfaat kopi yang ternyata juga baik untuk kesehatan kita. Salah satu manfaat kopi berdasarkan penelitian terbaru yaitu menjadi sumber antioksidan, menurunkan risiko kanker hati, dan mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

Tidak hanya itu saja, Penelitian terbaru mengungkapkan konsumsi 4 cangkir kopi tiap hari dapat mencegah pasien kanker usus besar kambuh dan menurunkan risiko kematian mereka akibat kanker.

Seperti dikutip dari Huffington Post (24/08/15), penelitian yang dilakukan Dana-Farber Cancer Institute menunjukkan konsumsi 4 cangkir kopi secara rutin dapat mencegah penderita kanker usus besar kembali mengalami penyakit ini. Tak hanya itu, risiko kematian akibat kanker juga dapat berkurang.

Penelitian ini merupakan penelitian berskala besar pertama untuk mencari tahu hubungan antara ngopi dengan pemulihan kanker usus besar. “Kami menemukan peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker usus besar kembali dan memiliki kesempatan sembuh lebih besar,” ujar Charles Fuchsselaku pemimpin penelitian.

Untuk penelitian ini, tim peneliti merekrut hampir 1000 pasien yang didiagnosa stadium III kanker usus besar. Mereka juga telah menjalani operasi dan kemoterapi. Para partisipan diminta mengisi kuesioner pola diet mereka saat awal penelitian, selama proses kemoterapi, dan setahun setelahnya. Melalui metode survei, secara khusus peneliti melacak konsumsi kopi berkafein partisipan.

Partisipan yang mengonsumsi sekitar 460 miligram kafein per hari (kurang lebih didapat dari konsumsi 4 cangkir) memiliki kemungkinan 42% lebih rendah mengalami kanker usus besar kembali. Tak hanya itu, mereka juga memiliki kemungkinan 33% lebih rendah untuk meninggal akibat kanker.

Sedangkan partisipan yang minum 2-3 cangkir menunjukkan sedikit kemajuan, dan mereka yang minum kurang dari 1 cangkir hanya mendapat sedikit manfaat.
Funchs menjelaskan, kebanyakan kanker usus besar kambuh dalam masa lima tahun pengobatan. Mereka yang berada pada stadium III dengan kanker berlokasi di kelenjar getah bening memiliki 35% kemungkinan kambuh.

“Jika Anda seorang peminum kopi dan sedang dirawat karena kanker usus besar, maka rutinlah minum kopi. Namun jika Anda buka peminum kopi, sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter sebelum memulai kebiasaan ini,” ujar Funchs.

Sementara itu masih diperlukan penelitian lebih lanjut sebelum dokter dapat menyarankan ngopi sebagai bagian dari pengobatan pasien kanker usus besar.

Setelah membaca penjelasan dan hasil penelitian tersebut diatas terkait dengan manfaat kopi, apakah anda masih berfikir untuk menganggap bahwa ngopi tidak ada manfaatnya? Namun tentunya sebaik apapun banyak manfaat kopi, yang terpenting tetap tidak boleh berlebihan. Karena apapun yang berlebihan, hasilnya akan menjadi kurang baik.

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Tipe Pekerja yang Berpotensi Stres Berat hingga Meninggal

Tipe Pekerja yang Berpotensi Stres Berat hingga Meninggal. Personal BLOG | Hidup dan mati manusia …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*