Home ::: Sosial ::: Jadilah Pembaca Cerdas untuk Hindari Hoax dan Fitnah Melalui Sosmed

Jadilah Pembaca Cerdas untuk Hindari Hoax dan Fitnah Melalui Sosmed

Jadilah Pembaca Cerdas untuk Hindari Hoax dan Fitnah Melalui Sosial Media.

Personal BLOG | Saya meyakini bahwa memasuki tahun 2016 ini banyak orang akan semakin berani menyebarkan hoax dan fitnah.

Alasan saya berani prediksi yang demikian karena saat ini saya mengamati banyak sekali para blogger-blogger yang dadakan sedang belajar untuk mendapatkan penghasilan dari blog, sehingga mereka hanya mengejar cari duit tapi mereka tidak memikirkan akibat dari tulisan yang mereka buat.

Saya contohkan misalnya beberapa saat yang lalu sempat beredar terkait dengan pernyataan salah seorang netizen yang mengatakan jika foto Jokowi di Papua adalah diduga hasil editan. Tapi kemudian faktanya terbukti jika gambar itu adalah asli.

Walaupun akhirnya terbukti fakta yang sebenarnya, namun gara-gara info menyesatkan tersebut, sudah ada ribuan orang sudah terhasut dan saling mencaci-maki melalui sosial media.

Bahkan tidak hanya sebatas memicu keributan dalam hal itu saja kemudian menyebar kepada saling caci-maki kedalam masalah yang lebih luas lagi.

Hal itu hanyalah salah satu contoh kecil saja dari ribuan informasi yang mungkin saja kebenaranya belum tentu bisa dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Menanggapi fenomena yang seperti ini, tentunya satu-satunya cara untuk menghentikan adanya hoax dan fitnah melalui media sosial tentunya dengan cara menjadi pembaca yang cerdas.

Menjadi pembaca yang cerdas yang saya maksudkan disini yaitu selalu berhati-hati ketika membaca tulisan yang belum bisa terbukti kebenaranya.

Misalnya jika memang anda menemukan informasi terkait dengan hal-hal yang itu membawa unsur provokasi, menghina orang lain, dan yang negatif lainya, anda jangan langsung percaya apalagi langsung share melalui media sosial anda.

Selalu waspada dan teliti terlebih dahulu dengan tulisan-tulisan yang anda baca.

Kalau menurut saya, ngapain juga membaca tulisan apalagi ngeshare tulisan-tulisan yang saat dibaca tidak memberikan manfaat, apalagi berbau negatif. Akan lebih baik jika kita membaca tulisan-tulisan yang positif yang mampu memberikan manfaat saat kita membacanya dan akan memberikan manfaat juga ketika tulisan tersebut dishare dan dibaca kepada teman-teman anda.

Jadi mulai sekarang saran saya, Jadilah Pembaca Cerdas karena dengan begitu kita mampu menghindari menyebarnya Hoax dan Fitnah melalui sosial media.

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Mengapa Harus Ahok yang Pimpin Jakarta, Bukan Mereka?

Mengapa Harus Ahok yang Pimpin Jakarta, Bukan Mereka? Personal BLOG | Saya berharap dalam membaca tulisan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*