Home ::: Sains ::: Jepang Ciptakan Mobil Listrik Terkecil di Dunia
Inilah WalkCar, Mobil Listrik Terkecil di Dunia Ciptaan Jepang. |gambar: uzone.id

Jepang Ciptakan Mobil Listrik Terkecil di Dunia

Jepang Ciptakan Mobil Listrik Terkecil di Dunia.

Personal BLOG | Mobil Listrik Terkecil di Dunia | Jepang, mendengar nama negara yang satu ini, maka kita akan selalu mengingat sebuah negara yang maju, canggih, disiplin, dan hal-hal baik lainya. Salah satu kabar positif tersebut salah satunya yaitu terkait dengan dibuatnya Mobil Listrik Terkecil di Dunia.

Seorang insinyur dari Jepang, Kuniako Saito, bersama timnya, Cocoa Motors, baru-baru ini meluncurkan alat transportasi mobil listrik terkecil di dunia, yang disapa WalkCar.

Salah satu keunggulan kendaraan 4 roda yang berbobot antara 2-3 kilogram (kg) itu adalah tak membutuhkan lahan parkir yang rumit, cukup dimasukan tas jinjing atau bahkan ransel.

Sebagaimana saya kutip dari detikOto yang melansir dari Dailymail, Senin (10/8/2015), pengoperasian kendaraan portable itu juga cukup sederhana. Setelah tombol on off diaktifkan, dan pengguna naik berdiri di atasnya, maka Walkcar pun langsung berjalan.

Untuk pengendaliannya cukup dengan menggerakan tubuh, mirip dengan skateboard. Begitu pun untuk menghentikannya, pengguna cukup menurunkan satu kaki dan menginjak ke tanah.

Kendaraan ini terbuat dari bahan aluminum yang kuat namun berbobot ringan. Sumber tenaganya berasal dari motor listrik yang menggunakan sumber asupan listrik dari baterai ion lithium.

Bobotnya antara2-3 kg. Perbedaan berat tersebut tergantung pada jenis berdasar penggunaannya, jenis WalkCar di dalam ruangan, beratnya hanya dua kilogram (kg) dan jenis yang digunakan di luar ruangan tiga kilogram.

Jika baterai terisi penuh kendaraan ini bisa menjelajah hingga jarak 12 kilometer (km), dan keceapatan lajunya mencapai 10 km/jam. Meski berbobot ringan dan terbuat dari aluminum, namun sanggup menopang bobot hingga 120kg.

Untuk mengecas baterai listriknya cukup mudah, karena bisa dilakukan di instalasi listrik rumah. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai hingga penuh hanya tiga jam.

Hanya, hingga kini belum ada informasi, berapa harga kendaraan itu jika dijual ke pasaran kelak. Begitu pun dengan pasar yang bakal disasar oleh Cocoa Motors.

Sebenarnya Indonesia memiliki Ilmuwan dunia dalam bidang mobil listrik yang juga sudah lama bekerja di Indonesia. Namanya Ricky Elson yang saat ini sudah kembali ke Indonesia. Namun syaangnya, negara seolah kurang menghargai keahlian dan ilmu yang dimiliki Ricky Elson tersebut, sehingga Ricky Elson dkkmemutuskan untuk berjuang dengan cara mereka sendiri [Baca Selengkapnya Kisah Ricky Elson disini, Kisah Mengharukan Ricky Elson, Ilmuwan Dunia dari Indonesia yang Tidak Dihargai Negaranya].

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*