Home ::: Headline ::: Jika Papua Ingin Merdeka, Lihatlah Timor Leste Sekarang!

Jika Papua Ingin Merdeka, Lihatlah Timor Leste Sekarang!

Saya sangat tidak setuju jika sampai isu Papua Merdeka dimunculkan kembali.

Yang terbaru adalah terkait dengan adanya pemberitaan terkait dengan munculnya “Petisi Rahasia Tuntut Referendum Papua Barat Disampaikan ke PBB”.

Setelah saya baca pemberitaan yang dimuat oleh detik.com tersebut, ternyata informasi tersebut seperti sebuah iklan dari media “Australia Plus ABC”.

Entah iklan atau sejenis kerjasama antara detik.com-Australia Plus ABC, saya sendiri kurang faham.

Namun dalam pemberitaan tersebut ada logo Australia Plus ABC lengkap dengan linknya. Bahkan di akhir pemberitaan juga disebutkan link sumbernya dalam bahasa Inggris.

Saya agak curiga, kenapa pihak “Australia Plus ABC” membuat pemberitaan seperti ini?

Apakah ini semacam propaganda agar isu Papua Merdeka kembali mencuat?

Dan apakah rakyat Papua akan bisa terprovokasi atas isu ini?

Kalau menurut saya, isu Papua Merdeka saat ini sudah tak beralasan lagi. Apalagi saat ini pemerintah Jokowi sangat menganakemaskan Papua daripada daerah-daerah lain.

Bahkan banyak anggota OPM sudah banyak yang menyerahkan diri dan berkoitmen gabung dengan NKRI. Alasan mereka sederhana, mereka capek bergerilya dan meninggalkan keluarga, terlebih saat ini negara hadir untuk membangun Papua!

Pembangunan Papua sungguh-sungguh sangat besar dan merata.

Anda bisa melihatnya mulai dari program pembangunan jalan dan infrastruktur di Papua, pemerataan harga BBM, semen, dan berbagai pembangunan lainya, sungguh Papua sangat diperhatikan nasibnya oleh pemerintahan Jokowi.

Bahkan kalau kita lihat di berbagai daerah di Papua, banyak sekali rakyat papua yang sangat senang karena daerah mereka mendapatkan perhatian khusus langsung dari pemerintah RI.

Jadi sangat “lucu” dan kurang tepat jika sampai isu Papua Merdeka kembali dihembuskan.

Apalagi isu tersebut dihembuskan oleh pemberitaan dari Australia Plus ABC.

Munculnya petisi kemerdekaan Papua Barat yang bahkan diklaim sudah terkumpul hingga ditandatangani hingga 1,8 juta penduduk Papua Barat, atau sekitar lebih dari 70 persen penduduk provinsi tersebut, menurut saya perlu dicurigai kebenaranya.

Saya sangat tidak percaya petisi tersebut bisa mencapai 1,8 juta penduduk. Namanya tandatangan 1,8 juta penduduk itu pastinya sangat sulit dan sangat tidak mungkin. Tapi kalau tandatanganya dipalsukan, itu mungkin saja terjadi.

Kalaupun isu ini sampai dihembuskan kembali, sewajibnya orang-orang Papua Barat harus belajar dan melihat Timor Leste sekarang.

Apakah nasib Timor Leste bisa jauh lebih baik daripada saat bergabung dengan NKRI?

Sebagai orang yang pernah ke Timor Leste dan ngobrol dengan warga disana, mereka yang saya temui hampir semuanya lebih suka Timor Leste bergabung dengan NKRI.

Bahkan mereka juga berfikir bahwa walaupun Timor Leste sudah jadi negara sendiri, faktanya 80% kebutuhan mereka justru masih dipasok dari Indonesia.

Produk-produk di Timor Leste semuanya masih sangat mahal.

Saya ke Timor Leste saat itu karena diundang oleh salah satu perguruan tinggi disana untuk memberikan pelatihan untuk sistem informasi perpustakaan digital [online].

Rata-rata mereka yang saya temui ketika saya iseng bertanya, enak saat gabung dengan Indonesia atau yang sekarang [sudah pisah dengan NKRI]. Mereka serentak jelas enak saat gabung dengan NKRI.

Itu kenapa saya sangat berharap kepada rakyat Papua, janganlah sampai anda mengalami nasib seperti Timor Leste, karena membangun sebuah negara dari nol, tidaklah seindah dan seperfect yang anda inginkan.

Kadang saya sampai takut juga, jangan-jangan isu ini sengaja dihembuskan oleh oknum tertentu yang mereka akan diuntungkan dengan adanya isu Papua Merdeka.

Daripada sibuk menuntut Papua Merdeka, lebih baik dukung dan mintalah apa-apa yang bisa dilakukan pemerintah RI untuk membangun Papua agar bisa lebih maju dan berkembang.

Janganlah mau jadi rakyat Papua yang mudah terprovokasi untuk mengikuti petisi kemerdekaan Papua, karena tidak ada jaminan jika Papua lepas dari NKRI, Papua bisa lebih baik.\

Rakyat Papua, belajar dan lihatlah Timor Leste sekarang!

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

8 Alasan Kuliah Tidak Penting Versi Deddy Corbuzier!

Untuk kesekian kalinya Deddy Corbuzier mengeluarkan pernyataan yang asti akan dianggap kontroversial melalui channelsnya di …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*