Home ::: Headline ::: Korban Mudik 2012 Capai 908 Orang, Pemudik 2013 Harus Lebih Hati-hati

Korban Mudik 2012 Capai 908 Orang, Pemudik 2013 Harus Lebih Hati-hati

ada tahun 2012 yang lalu, jumlah kecelakaan selama mudik Lebaran 2012 tercatat mencapai 5.233 kejadian dan menewaskan 908 orang. Dari Jumlah tersebut ada peningkatan sebesar sebesar 10,3 dibandingkan tahun 2011. Kendaraan yang terlibat masih didominasi oleh sepeda motor sebesar 72 persen,” (detikNews/3/9/13).

Melihat data tersebut diatas, sudah seharusnya para pemudik harus lebih berhati-hati dalam setiap melakukan perjalanan mudik khususnya untuk pengendara sepeda motor. Saya sendiri beberapa tahun yang lalu pernah menjadi korban kecelakaan sepeda motor saat melakukan perjalanan mudik.

Faktor lelah dan kurang berhati-hati berdasarkan pengalaman saya merupakan penyebab utama saya mengalami kecelakaan. Saat kondisi lelah kosentrasi menjadi berkurang bahkan terabaikan. Seringkali selama perjalanan tubuh dan mata sebenarnya sudah merasa lelah, tapi karena ingin segera sampai tujuan maka rasa lelah kita abaikan sehingga yang terjadi adalah kecelakaan.

Melalui tulisan ini saya hanya ingin berbagi cerita dan mengingatkan untuk selalu berhati-hati dan waspada selama melakukan perjalanan mudik.

Untuk anda (termasuk saya sendiri) atau siapapun yang sering melakukan perjalanan mudik pasti berfikir saat akan melakukan mudik pasti selalu berfikir jika kita akan selamat sampai tujuan, dan mungkin tidak pernah membayangkan apalagi berharap menjadi salah satu korban kecelakaan. Tapi ingatlah bahwa kecelakaan dan takdir selain sudah di tentukan oleh Tuhan tapi tetap ada usaha kita sebagai manusia untuk berusaha.

Sebelum berangkat lihatlah angka korban meninggal sebesar 908 orang yang semuanya pasti tidak menginginkan dan membayangkan jika merekalah yang menjadi korban. Terlebih dari mudik pada tahun 2011 hingga mudik tahun 2012 korban kecelakaan mengalami kenaikan. Itu berarti harusnya dijadikan kita para pemudik untuk selalu lebih berhati-hati selama melakukan perjalanan mudik.

Setiap pemudik pasti selalu ingin segera sampai dirumah, tapi cobalah tanya sekali-kali kepada para korban kecelakaan yang masih selamat (termasuk saya) yang pernah mengalami kecelakaan, pasti akan bilang “Mending hati-hati dan pelan yang penting selamat sampai tujuan”.

Jika anda membaca ungkapan tersebut diatas, anda pasti inginya berfikir, “Kalau bisa cepat dan selamat kenapa harus pelan?”. Setiap orang pasti inginya seprti itu, tapi paling tidak, mereka yang lebih hat-hati dan pelan resiko mengalami kecelakaan akan lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang ngebut dan ugal-ugalan.

Untuk anda yang melakukan mudik menggunakan kendaraan umum seperti bus juga tetap harus waspada dengan seringnya kecelakaan bus yang sering terjadi. Selalu ingatkan sopir jika dalam mengendarai bus terlalu ngebut dan ugal-ugalan.

Begitu juga untuk anda yang melakukan perjalanan mudik dengan transportasi lain, tetaplah berhati-hati selama perjalanan mudik. Keluarga anda selalu menunggu anda dirumah dengan selamat dan jangan sampai karena kelalaian dan keteledoran anda justru bukan kabar bahagia tapi justru kabar duka.

Selamat melakukan perjalanan Mudik 2013, Semoga Selamat sampai Tujuan….

Amiiin…

ilustrasi gambar || Tempo.CO

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Gambar Tanpa Judul Tapi Mengandung Arti, Berjuta Nasihat dan Renungan

Gambar Tanpa Judul Tapi Mengandung Arti, Berjuta Nasihat dan Renungan. Personal BLOG | Arif RH …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*