Home ::: Ekonomi ::: Memalukan! Negeri Para Petani Tapi Import Produk Pertanian dari Negara Industri!
Negeri mayoritas petani tapi kok import produk petani, apa tidak malu negeri ini? |ilustrasi gambar: koleksi pribadi

Memalukan! Negeri Para Petani Tapi Import Produk Pertanian dari Negara Industri!

Memalukan! Negeri Para Petani Tapi Import Produk Pertanian dari Negara Industri!

Personal BLOG | Beberapa saat yang lalu saya sudah pernah menyampaikan opini saya terkait dengan beberapa bidang yang seharusnya mempermalukan bangsa ini.

Salah satunya yang saya sebut pada tulisan tersebut yaitu terkait dengan bangsa ini yang mayoritas penduduknya petani tapi kok masih import produk-produk pertanian!

Rasanya kalau boleh saya usul, hapus saja julukan Indonesia sebagai negeri yang mayoritasnya petani ini jika masih saja selalu import produk-produk pertanian.

Yang lebih memalukan lagi, ternyata kita import produk pertanianya justru dari negara-negara industri!

Saya contohkan misalnya produk pertanian bernama kedelai.

Sudah bertahun-tahun negeri kita ini justru harus ketergantungan import kedelai dari negeri industri seperti Amerika Serikat.

Memang sih dari berbagai pemberitaan tahun ini dikabarkan import kedelai kita menurun. Itu tentunya memang setidaknya bisa lebih baik lagi dari sebelumnya.

Tapi yang ingin saya tanyakan, sejauh mana bangsa ini melakukan perbaikan untuk MENGUBAH MENTAL para penentu kebijakan di bidang pertanian agar tidak selalu mengandalkan IMPORT produk pertanian saat bangsa ini kekurangan produk-produk pertanian.

Saya rasanya gregetan banget kalau mendengar berita yang isinya berbunyi begini,

“Untuk mengantisipasi adanya kekurangan stock beras dan kedelai, maka pemerintah akan melakukan import beras dan kedelai agar stock beras dan kedelai bisa terpenuhi”.

Sungguh saya teramatsangat membenci informasi yang berbau seperti itu. Informasi tersebut menunjukan bahwa mental kita ini masih hanya bermental KONSUMEN, bukan Produsen!

Saya berharap kedepan seharusnya informasi yang rakyat terima harusnya berbunyi begini,

“Untuk mengantisipasi adanya kekurangan stock beras dan kedelai, maka pemerintah akan melakukan produksi beras dan kedelai secara besar-besaran. Pemerintah akan menghidupkan jutaan hektar sawah untuk ditanami padi dan kedelai dengan kwalitas terbaik di dunia agar stock beras dan kedelai bisa terpenuhi.

Tidak hanya itu saja, mulai tahun depan pemerintah akan menghentikan semua import produk pertanian karena Indonesia adalah negerinya para petani sehingga sangat memalukan jika negeri yang dikenal sangat subur ini harus melakukan import produk pertanian!”. Jika dalam waktu 2,5 tahun Indonesia masih melakukan import produksi pertanian, maka saya akan mengundurkan diri dari menteri pertanian dan akan memilih jadi petani!.

Nah, kalau informasinya seperti itu kan didengar juga adem dan menurut saya memang seharusnya seperti itu.

Seharusnya pemerintah melalui menteri pertanianya punya rasa malu dan idiologi, bagaimana mungkin sebuah negeri yang mayoritasnya petani tapi kok justru masih harus mengimport produksi pertanian dari negeri-negeri industri?

Seharusnya juga jika memang negeri ini punya rasa malu, ayolah bangkitkan kembali semangat untuk menjadikan Indonesia ini benar-benar sebagai negerinya para petani.

Buat menteri pertanian, coba ajak seluruh element-element di bidang pertanian untuk memiliki visi yang satu ini.

Saya sebagai seorang anak petani juga siap kok untuk terus menanam padi sepanjang tahun walau kami tak pernah tersentuh pelatihan dari pemerintah.

Tulisan ini saya buat karena sebagai anak petani, saya benar-benar teramat sangat malu sekali karena negeriku yang katanya mayoritasnya petani tapi justru masih terus ketergantungan import produk petani dari negara-negara industri 🙁

Saya teramatsangat menunggu gerakan revolusi mental yang khususnya sebelum memerintahkan merevolusi mental rakyat, revolusi mental dulu para pemimpin, pejabat dan birokrat di negeri ini yang menjadi ujung tombak dari setiap keberlangsungan bangsa ini!

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Hastag #RefugeesWelcome yang Membuatku Meneteskan Air Mata!

Hastag #RefugeesWelcome yang Membuatku Meneteskan Air Mata! #refugeeswelcome Tweets Personal BLOG |  Terharu saya hingga …

One comment

  1. Keren blog ny mas,
    Di tunggu postingan berikutnya
    Bener” menginspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*