Home ::: Headline ::: Mengintip Jaringan Kabel Bawah Laut Internet Dunia

Mengintip Jaringan Kabel Bawah Laut Internet Dunia

Jaringan Kabel Komunikasi Dunia

Personal BLOG | Akses komunikasi dan Internet di seluruh belahan dunia ini ternyata masih tetap menggunakan kabel sebagai penghubung antar dunia. Barusaja saya mencoba browsing untuk mencari gambar terkait dengan kabel-kabel yang terhubung ke berbagai negara di dunia yang melewati bawah laut tersebut.

Akhirnya saya dapatkan informasi terkait dengan gambar terkait dengan koneksi komunikasi yang masih menggunakan kabel untuk menghubungkan komunikasi antar negara di dunia di salah satu website telegeography.com.

Jika kabel-kabel ini terputus, maka komunikasi bisa terganggu sebagaimana yang beberapa waktu lalu terjadi di laut Indonesia.

Berikut ini saya kutipkan dari TeknoKompas (1/2/14) yang ternyata juga sudah membahas terkait dengan Jaringan Komunikasi dan Internet antar negara.

Inilah Kabel Serat Optik yang dihubungkan antar negara melalui laut. | gambar: TeknoKompas

Sekitar akhir tahun 2013 lalu, jaringan Internet salah satu operator seluler di Indonesia sempat mengalami gangguan. Usut punya usut, hal itu disebabkan karena jaringan sistem komunikasi kabel laut antara Indonesia dan Singapura terputus karena terkena jangkar kapal.

Kabel laut memang menjadi tulang punggung jaringan komunikasi dunia saat ini. Dari peristiwa putusnya kabel Indonesia – Singapura tersebut, mungkin kita jadi bertanya-tanya, seperti apakah jaringan kabel bawah laut dunia itu?

Peta yang dirilis oleh Telegeography mungkin bisa menjawab rasa penasaran Anda. Telegeography melakukan pemetaan jaringan kabel laut yang menjadi tulang punggung Internet di dunia sejak lama.

Untuk versi terbaru tahun 2014, terdapat 285 sistem kabel aktif atau mulai digunakan pada tahun 2015 mendatang. Kabel-kabel optik ini membentang di dasar samudera dan menghubungkan benua-benua.

Dari 285 jalur kabel dunia tersebut, 263 di antaranya saat ini sudah digunakan, sementara 22 lainnya sedang dalam tahap pengerjaan. Sebelumnya di tahun 2013, peta yang dirilis Telegeography hanya menampilkan 244 jalur kabel. Sementara di tahun 2012 hanya 150 jalur.

Namun, dikutip dari GigaOm (29/1/2014), peta kabel Internet dunia yang dirilis tahun ini tidak menyertakan informasi berapa banyak kapasitas sistem kabel yang digunakan. Akan tetapi, Telegeography memberikan informasi kerusakan kabel selama satu tahun ke belakang.

Satu kabel yang belum dipetakan oleh Telegeography adalah kabel Asia Africa Europe-1 (AAE-1), kemungkinan karena baru akan dioperasikan pada 2016 nanti. Kabel ini akan membentang dari Asia Tenggara – Afrika – Eropa melalui Timur Tengah.

Jika anda masih kurang puas untuk tahu terkait dengan peta-peta jaringan tersebut diatas, silahkan saya sarankan anda langsung kunjungi saja website disini http://submarine-cable-map-2014.telegeography.com/ .

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Inilah Rasa Daging Manusia Menurut Para Kanibal di Berbagai Negara

Inilah Rasa Daging Manusia Menurut Para Kanibal di Berbagai Negara. Personal BLOG | Rasa Daging …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*