Home ::: Headline ::: Mudik Tanpa Macet Tak Berkesan?

Mudik Tanpa Macet Tak Berkesan?

brolan yang paling sering kita bicarakan saat saudara kita baru datang adalah ketika pemudik bicara tentang kemacetan selama perjalanan mudik. Biasanya obrolan antara pemudik ketika bertemu saudaranya atau teman di kampung seperti ini,

Orang kampung: Hallo bro, sudah di rumah? pulang kapan?

Pemudik : Iya nich baru sampe kemarin?

Orang kampung: Gimana kemarin mudiknya, kena macet ga?

Pemudik: Wah, macet parah bro, pokoknya motor saja tidak bisa jalan karena macetnya. Apalagi jalan banyak yang rusak, banyak pasar tumpah dipinggir jalan. Bayangin aja bro, jarak 1 km di tempuh hampir 1 jam, gila banget ga tuh bro? makanya kemarin saya mudik yang hari biasa cuma ditempuh 10 jam kemarin sampai 26 jam di jalan.Bisa ngebayangin gak bro betapa stresnya di jalan.

Orang Kampung: ?#?;ft,/23>?#<T@#$^TLK$?%

Nah, kurang lebih gambaranya seperti itu obrolan orang kampung ketika bertemu dengan teman, saudara yang barusaja pulang mudik.

Dari obrolan diatas seolah kemacetan dianggap sebagai obrolan yang begitu asyik dan menarik jika di ceritakan begitu sampai kampung. Bahkan semakin perjuangan mudiknya semakin menantang dan sulit dan semakin lama terjebak macet seoalah dianggap semakin asyik untuk di ceritakan saat sudah sampai di kampung.

Tapi sebenernya terlepas dari obrolan sebagian masyarakat seperti diatas, perbaikan dan manajemen mudik di Indonesia harus terus dilakukan. Masalah yang selalu menyebabkan kemacetan selama arus mudik harus terus dilakukan. Terlebih jumlah korban tewas pada tahun 2012 yang lalu mencapai 908 orang tentunya harus dijadikan evaluasi supaya tahun 2013 ini korban bisa dikurangi.

ilustrasi foto || yukpegi.com

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Gambar Tanpa Judul Tapi Mengandung Arti, Berjuta Nasihat dan Renungan

Gambar Tanpa Judul Tapi Mengandung Arti, Berjuta Nasihat dan Renungan. Personal BLOG | Arif RH …

2 comments

  1. pulang mudk thn 2011 saya lewat jalur selatan dr jogja…seingat saya waktu itu ayah saya yang pegang kemudi dan jam sudah menunjukkan pukul 22.00 dan keadaan macet total. Saya melanjutkan tidur, terbangun sekitar jam 23.30 dan mobil belum beranjak sedikitpun. kemudian beberapa saat ada warga sekitar yang menyarankan untuk melewati jln alternatif, karena yg terjebak macet adalah mayoritas mobil dgn plat B, maka kami berembuk untuk melintas jalan alternatif tsb beriringan, awalnya iringan kami hanya sekitar 10-15 mbl ( tp sepertinya sudah mengekor panjang), keadaan hujan deras..pemandangan sebelah kiri atau kanan saya lupa sepertinya laut (krn tidak tampak ada pohon ataupun rumah penduduk. Seringkali kami berhenti di persimpangan untuk menentukan kemana kami harus berbelok…terkadang kami harus mencari rumah penduduk dan terpaksa mengetuk pintu mereka hanya sekedar menanyakan arah yg tepat. saya merasa keadaannya semakin mistis….(tdk ada rumah penduduk sama sekali) dan sepertinya benar2 dipinggir laut ( kondisi hujan sangaaatt derasss dan angin kencang sekali…).

  2. Tiap hari kemacetan dimana-mana setelah lihat tayangan di televisi. Macet..! artinya perjalanan panjang. Perjalanan mudik bisa ditempuh 24 jam dari kota Surabaya ke Kota Bandung. Kenapa yah, ko macet terus setiap tahun ? apa selama ini pemerintah tidak berbuat apa-apa untuk mengantisifasi kegiatan tahunan menjelang lebaran. Padahal bisa di evaluasi apa penyebab kemacetan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*