Home ::: Sosial ::: Perbedaan Antara Cewek dan Cowok yang Dibenarkan Menurut Sains dan Ilmu Pengetahuan
ilustrasi: ggpht.com

Perbedaan Antara Cewek dan Cowok yang Dibenarkan Menurut Sains dan Ilmu Pengetahuan

Perbedaan Antara Cewek dan Cowok yang Dibenarkan Menurut Sains dan Ilmu Pengetahuan.

Personal BLOG | Jangan pernah mencoba untuk berharap jika perempuan harus bisa memiliki sifat laki-laki, maupun sebaliknya, seorang laki-laki yang harus bisa seperti perempuan.

Pada dasarnya, sifat laki-laki dan perempuan memang memiliki sifat yang berbeda, baik secara fisik maupun secara psikologi dan cara berfikirnya.

Perbedaan tersebut juga sudah banyak dijelaskan secara ilmiah berdasarkan berbagai hasil penelitian ilmu pengetahuan.

Cowok dan cewek adalah dua makhluk hidup yang tercipta di bumi ini dengan berbagai macam perbedaan. Mulai dari perbedaan bentuk fisik, sifat, kebiasaan dan yang lainnya.

Kalau istilah orang-orang sih cowok itu dari Mars, sedangkan cewek dari Venus mangkanya mereka punya sifat-sifat yang berbeda banget.

Ya, meskipun cowok dan cewek sama-sama berasal dari rahim ibu yang sama, mereka nggak akan pernah punya sifat yang sama.

Dalam ilmu pengetahuan pun udah ada penjelasannya kok, mau tahu kenapa  cowok dan cewek bisa berbeda?

Berikut ini penjelasan lengkap terkait dengan perbedaan cowok dan cewek dikutip dari hipwee.com:

Perbedaan Antara Cewek dan Cowok yang Dibenarkan Menurut Sains dan Ilmu Pengetahuan

#1. Cewek lebih banyak ngomong sedangkan cowok lebih banyak diam dan dingin.

Cowok lebih cenderung pendiam dan dingin, sedangkan cewek memang terkenal cerewet dan nggak pernah capek buat ngomong. Apalagi kalau udah ngomel-ngomel atau lagi ngumpul bareng temen-temennya, bisa dibayangkan gimana ramainya mereka.

Kenapa cewek lebih banyak ngomong daripada cowok? Itu karena otak pada cewek memiliki area yang besar untuk merespon bahasa, terdapat sekitar 17% pada area otaknya.  Otak cewek juga lebih multi tasking. Dalam pengelolaan bahasa, cewek menggunakan otak kanan dan otak kirinya. Sedangkan cowok lebih banyak diam dan nggak banyak omong, karena mereka hanya menggunakan satu sisi otak mereka yang dominan.  Jadi itulah sebabnya ibu, teman-teman dan cewek kamu pada cerewet. Harap dimengerti aja ya guys!

 

#2. Dalam hal kebersihan, cowok lebih jorok daripada cewek.

Hampir semua cewek nggak akan pernah bisa hidup tenang kalau kamar atau rumahnya kotor dan bau, dan dia nggak bisa hidup jika harus mengenakan baju kotor berkali-kali. Cewek-cewek pasti lebih memilih untuk merapihkan dan membersihkannya dulu.

Sedangkan cowok masih bisa hidup tenang dan damai ketika rumah atau kamar mereka nampak seperti kapal pecah. Baju kotor? Mereka sanggup mengenakan kembali pakaian yang sudah tertumpuk di tumpukan baju kotor. Cukup dengan menyemprotkan minyak wangi, masalah sudah beres dengan sekejap.

Ternyata cewek memiliki indra penciuman yang lebih baik daripada cowok. Indra penciuman cewek jauh lebih tajam ketimbang cowok. Hasil penelitian juga menjelaskan bahwa pada saat proses penciuman aroma, cewek menggunakan bagian otak yang lebih besar daripada cowok. Jadi jangan heran, kalau cewek memang lebih rajin daripada cowok. Hidung cewek lebih sensitif, sehingga mereka nggak akan tahan hidup dalam lingkungan yang kotor dan bau.

 

#3. Cewek lebih jeli melihat warna merah daripada cowok. Itu sebabnya cowok gak paham kenapa lipstik cewek banyak banget.

Cowok-cowok mungkin terheran-heran dengan kemampuan cewek yang bisa ngebedain warna-warna dengan sangat jeli. Cewek mampu mengenali beberapa jenis warna merah dengan baik, sedangkan menurut cowok semua warna merah itu sama.

Ini bisa terjadi karena cewek memiliki dua kromosom X, sedangkan cowok hanya satu kromosom X.  Kemampuan melihat warna ditentukan oleh kemampuan kita untuk melihat warna merah, biru dan hijau. Karena cowok cuma punya satu kromosom X untuk melihat warna merah, membuatnya kurang baik dalam melihat spektrum warna.  Sedangkan cewek mampu melihat banyak variasi warna dengan baik.

 

4. Cewek penakut sedangkan cowok pemberani seperti yang digambarkan film-film itu memang benar adanya.

Cewek adalah makhluk yang lemah dan penakut. Sedangkan cowok adalah makhluk yang kuat, gagah dan pemberani. Stereotip ini adalah stereotip yang paling mendasar dan sepertinya sudah disepakati oleh banyak orang. Tetapi pandangan seperti ini muncul bukan tanpa sebab loh.

Menurut sains, cewek lebih sensitif dalam merespon rasa sakit, karena cewek memiliki ambang nyeri yang lebih rendah dibandingkan dengan cowok.

Dia memiliki lebih banyak reseptor nyeri pada kulit yang memperkuat paparan rasa sakit dan nyeri. Sedangkan cowok tidak akan merasakan rasa sakit seperti yang dirasakan oleh cewek, karena dia memiliki reseptor nyeri yang lebih sedikit dibandingkan dengan cewek.

Penjelasan diatas merupakan penjelasan atas berbagai perbedaan-perbedaan antara cowok dan cewek yang mungkin saja selama ini nggak kamu sadari. Meskipun nggak semuanya seperti itu, tapi itu semua adalah stereotip umum yang sudah melekat pada cowok dan cewek. Beberapa perbedaan-perbedaan itu  terdengar lucu, tetapi ternyata semua itu bisa dijelaskan secara ilmiah. Ada lagi nggak yang kamu tahu? Silahkan ditambahkan sendiri berdasarkan penilaian masing-masing.

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Mengapa Harus Ahok yang Pimpin Jakarta, Bukan Mereka?

Mengapa Harus Ahok yang Pimpin Jakarta, Bukan Mereka? Personal BLOG | Saya berharap dalam membaca tulisan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*