Home ::: Featured ::: Perpanjang SIM secara Online Bisa Dilakukan Mulai 1 Juli 2015: Beginilah Prosedurnya
ilustrasi gambar: Tribun Makasar

Perpanjang SIM secara Online Bisa Dilakukan Mulai 1 Juli 2015: Beginilah Prosedurnya

Perpanjang SIM secara Online Bisa Dilakukan Mulai 1 Juli 2015: Beginilah Prosedurnya.

Personal BLOG | Pihak Polri khususnya yang menangani terkait urusan SIM sepertinya ingin membuat citra perbaikan dalam birokrasi mereka. Salah satu rencana yang saat ini banyak jadi pembicaraan yaitu terkait Perpanjang SIM secara ONLINE.

Mungkin anda yang membaca kabar ini, apalagi untuk yang belum punya SIM seperti saya ebrtanya, Kalau Pembuatan SIM baru bisa Online belum?

Jawabanya, kalau anda membeca berita yang saya kutipkan dibagian bawah ini secara lengkap, ternyata ada wacana juga jika kedepan nantinya, Pembuatan SIM baru juga bisa dilakukan secara Online.

Tapi kalau yang nantinya akan diberlakukan mulai 1 Juli 2015 itu hanya untuk Perpanjangan SIM secara Online.

Jadi jelas ya disini bukan untuk membuat SIM secara online, melainkan Perpanjangan SIM secara Online saja. Kalau anda ingin membuat SIM secara Online itu belum bisa deh kayaknya hehe

Nanti kalau semua dilayani secara online, terus calo-calonya mau dapat uang darimana masbro? hehe..

Oke dilanjut ya terkait dengan rencana Perpanjangan SIM secara Online tadi.

Menurut beberapa publikasi yang sudah diberitakan di ebebrapa media ansional. Rencananya terkait dengan Perpanjangan SIM secara Online ini akan dimulai pada awal bulan Juli 2015.

Nah, kalau sudah bicara soal berita, biar tidak dianggap hoax, sebaiknya anda baca sendiri nih di media nasional seperti di tribunnews.com [8/5/15].

Dalam pemberitaan tersebut diberitakan bahwa,

Wacana perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi) secara online telah diuji coba sejak akhir tahun lalu. Mabes Polri melalui Korps Lalu Lintas Polri telah menjadikan DI Yogyakarta sebagai wilayah percontohannya.

Menurut informasi yang diperoleh dari Korlantas Mabes Polri, proyek SIM Online akan diberlakukan seluruh Indonesia, terhitung mulai 1 Juli 2015.

“Nantinya, mulai 1 Juli 2015, SIM Online ini akan terintegrasi secara nasional di 34 provinsi Indonesia,” ungkap Irjen Pol Condro Kirono, Kepala Korlantas Mabes Polri melalui keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.

Artinya seluruh Satpas di seluruh daerah akan bisa saling terkoneksi secara online. Sehingga masyarakat hanya perlu mendatangi kantor Satpas terdekat untuk memperpanjang SIM.

“Masyarakat bisa melakukan perpanjangan SIM di mana pun berada. Ini untuk mempermudah masyarakat yang tinggal jauh dari tempat tinggal asalnya” lanjut Irjen Pol Condro. Secara terintegrasi data-data berupa identitas dapat diakses secara nasional.

Selain itu, data online ini juga memudahkan untuk identifikasi pelanggaran, data kecelakaan dan kriminalitas.

“Iya prosesnya tengah disempurnakan. Ke depannya kita mau SIM online bisa berjalan dan menjadi saling terintegrasi,” urai Kombes Pol Martinus Sitompul, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya.

Selain terpadu di dalam lingkup Korlantas Polri, sistem ini akan terintegrasi dengan Kementerian Dalam Negeri.

“Kita sudah menjalin nota kesepahaman dengan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil,” beber Irjen Pol. Condro lagi. Alhasil pemohon SIM tidak lagi harus mengisi sejumlah formulir, namun telah paperless.

Pemohon juga cukup datang ke Satpas dan menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang tentunya telah terdaftar di Kemendagri. Lalu petugas akan memasukan data Nomor Induk Kependudukan (NIK), otomatis identitas pemohon akan muncul.

Kalaupun ada penambahan data yang perlu dimasukkan hanya sebatas pelengkap. Misalnya, nama orang yang bisa dihubungi jika terjadi kecelakaan.

Sayangnya, sistem ini belum termasuk pengurusan SIM baru. Artinya bagi pemohon SIM baru tetap harus menyambangi kantor Satpas sesuai domisili yang bersangkutan.

Namun materi ujian tertulis bisa diunduh dari situs Korlantas Polri sehingga pemohon bisa belajar dulu sebelum mengikuti ujian.

Materi ujian juga akan dibuat menggunakan animasi, dan ujian dilakukan secara online, ini bisa dilakukan di rumah. Hasilnya bahkan bisa langsung diketahui lulus atau tidaknya si pemohon SIM baru. Kalau tidak lulus, proses bisa diulang.

Kalau sudah lulus ujian tertulis, pemohon bisa datang ke kantor Satpas untuk mengikuti ujian praktik dengan simulator atau ujian praktik di jalan. Kalau lulus SIM bisa langsung dicetak dan data pemohon masuk ke data Korlantas, lengkap dengan nilai ujiannya.

Sistem ini juga diharapkan dapat mengurangi risiko kebocoran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), sebab semua transaksi pembuatan SIM langsung diintegrasikan ke Kementerian Keuangan.

Nah, dari penjelasan diatas udah pada tahu sekarang ya masbro, sist, kalau mulai 1 Juli 2015, Perpanjangan SIM bisa dilakukan secara ONLINE.

Semoga saja tidak ada muncul calo Online juga ya hehe..

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Hanya Miliki Separuh Tangan, Pria Berhati Emas ini Habiskan Masa Tua Untuk Rawat Ibu

Hanya Miliki Separuh Tangan, Pria Berhati Emas ini Habiskan Masa Tua Untuk Rawat Ibu. Personal BLOG …

One comment

  1. alhamdulillah
    tambah mudah mengurus SIM online sendiri
    terima kasih banyak infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*