Home ::: Sosial ::: Pusat Pertumbuhan Penduduk Dunia Diperkirakan Ada di Indonesia
ilustrasi: news.com.au

Pusat Pertumbuhan Penduduk Dunia Diperkirakan Ada di Indonesia

Pusat Pertumbuhan Penduduk Dunia Diperkirakan Ada di Indonesia.

Personal BLOG | Sebenarnya, jika manusia itu mayoritas orangnya tidak banyak membuat kerusakan di muka bumi ini, mungkin jumlah populasi manusia akan semakin baik jika semakin banyak. Namun masalahnya, semakin banyaknya manusia, maka kerusakan di muka bumi ini semakin cepat, maka populasi di bumi ini memang harus diatur dan dibatasi.

PBB memprediksi populasi dunia akan meningkat dari 7,3 miliar menjadi 9,7 miliar di 2050. Indonesia disebut salah satu negara yang pesat pertumbuhannya.

Menurut laporan peningkatan populasi diyakini akan terpusat di 9 negara yakni India, Nigeria, Pakistan, Kongo, Ethiopia, Tanzania, Amerika Serikat, Uganda, dan termasuk di dalamnya Indonesia. Negara-negara miskin lebih banyak mendominasi karena lebih banyak kesulitan untuk mengendalikan laju penduduknya.

“Konsentrasi pertumbuhan populasi di negara-negara termiskin punya tantangannya sendiri, membuat lebih sulit mengentaskan kemiskinan dan ketidaksetaraan untuk melawan kelaparan dan kekurangan gizi,” ujar Direktur Divisi Populasi PBB John Wilmoth seperti dikutip dari detikHealth yang mengutip dari BBC pada Jumat (31/7/2015).

Negara-negara di Afrika diperkirakan akan menyumbang lebih dari setengah pertumbuhan populasi penduduk dunia. Sementara itu India juga diperkirakan akan menggantikan China sebagai negara dengan populasi terbesar di tahun 2022.

Terkait dengan hal tersebut, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tengah berusaha untuk ‘menghidupkan’ kembali program Keluarga Berencana (KB).

Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR), BKKBN, dr Julianto Wicaksono, SpOG, mengakui program KB saat ini tak seperti dulu saat awal-awal diluncurkan.

“Waktu itu dukungan pemerintah kuat, Ketua BKKBN merangkap Menteri Kesehatan. Anggaran kita dulu juga besar, banyak bantuan datang dari lembaga internasional karena waktu itu kita miskin,” kata dr Julianto.

“Tiap tahun ada sekitar 4,6 juta kelahiran di Indonesia. Dari awal bermula KB hingga tahun 2010 ada sekitar 100 juta penambahan penduduk yang berhasil ditahan. Kalau KB terus berjalan tahun 2015 penduduk Indonesia tidak akan lebih dari 350 juta,” pungkasnya.

Jika populasi manusia di dunia ini tidak dibatasi, maka anda bisa membayangkan entah berapa puluh tahun atau berapa ratusan tahun lagi [jika belum kiamat lebih dahulu], maka bumi ini akan penuh oleh populasi manusia. Itu artinya, hutan akan semakin berkurang, kerusakan bumi juga bisa menimbulkan banyak ancaman bencana mulai banjir, tanah longsor, dan berbagai bencana alam lainya.

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Ini Penjelasan Kenapa Orang yang Kurang Pandai Justru Cenderung Merasa Begitu Cerdas!

Ini Penjelasan Kenapa Orang yang Kurang Pandai Justru Cenderung Merasa Begitu Cerdas! Personal BLOG | Apakah …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*