Home ::: Ekonomi ::: Tips Kelola Gaji Rp 4 juta Agar Bisa Beli Rumah dan Mobil Versi Orang Terkaya di Asia
ilustrasi: goodfon.su

Tips Kelola Gaji Rp 4 juta Agar Bisa Beli Rumah dan Mobil Versi Orang Terkaya di Asia

Tips Kelola Gaji Rp 4 juta Agar Bisa Beli Rumah dan Mobil Versi Orang Terkaya di Asia.

Personal BLOG | Kebutuhan terpenting dalam rumah tangga, yang pertama tentunya rumah. Itu kenapa banyak pasangan suami istri hidupnya selalu akan gelisah ketika belum memiliki rumah sendiri.

Mungkin boleh saja ada yang bilang jika mereka yang masih ngontrak atau tinggal di rumah mertua sudah merasa bersyukur dan bahagia, namun pastinya, ketika memiliki rumah sendiri pasti akan jauh lebih bersyukur.

Tidak hanya rumah, kendaraan seperti mobil sepertinya juga sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk di beberapa tingkat kelompok sosial masyarakat. Terlebih jika untuk keluarga besar yang kadang menginginkan melakukan kegiatan berlibur, berbelanja, dan kebutuhan lainya dilakukan secara bersama-sama, maka keberadaan mobil tentunya sangat dibutuhkan.

Untuk mereka yang punya banyak uang, apalagi masih disubsidi orang tuanya yang kaya raya, mungkin kebutuhan rumah dan mobil bukanlah masalah yang sulit. Namun untuk beberapa kalangan menengah ke bawah, tentunya untuk bisa memiliki rumah sendiri dan mobil, hal tersebut sangatlah sulit untuk digapai.

Namun tahukah anda bahwa, siapapun yang memiliki keinginan dan kemauan yang besar, maka memiliki rumah dan mobil tentunya bisa dilakukan.

Berikut ini ada beberapa tips dari orang terkaya di Asia bernama Li Ka Shing yang berbagi tips tentang bagaimana caranya supaya dengan gaji pas-pasan tapi bisa miliki rumah dan mobil.

Untuk anda yang belum tahu siapa Li Ka Shing, dia adalah masuk dalam daftar sebagai orang terkaya di Asia.

Beberapa kali nama Li Ka Shing mondar-mandir di daftar orang terkaya Asia. Total kekayaannya mencapai USD 31 miliar atau sekitar Rp 408 triliun.

Li bukan lahir dari keluarga kaya. Justru sebaliknya, dia hidup dan besar dari keluarga miskin korban perang China-Jepang pada 1940. Meski sudah hijrah ke Hong Kong, kehidupannya tak membaik. Dia harus bekerja di pabrik selama 16 jam sehari.

Li bekerja di pabrik selama 10 tahun, dan akhirnya memutuskan untuk maju dan membangun usaha sendiri. Kala itu dia mendirikan perusahaan Cheung Kong Industries yang bergerak di bidang produksi plastik.

Li Ka Shing menjelma menjadi orang kaya setelah belajar banyak dari hidup kekurangan yang pernah dialaminya. Kuncinya kerja keras, hidup rendah hati dan sederhana.

“Ketika Anda baru memulai, Anda harus mengajarkan diri sendiri bagaimana untuk hidup kekurangan dan beradaptasi dengan gaya hidup yang tepat dan tidak spektakuler,” katanya.

Li Ka Shing berbagi tips mengelola keuangan untuk Anda yang bergaji Rp 4 juta per bulan dan punya target memiliki rumah serta mobil dalam 5 tahun. Berikut tips dari Li seperti dilansir e27.co.

Tips Kelola Gaji Rp 4 juta Agar Bisa Beli Rumah dan Mobil

#1 Uang makan cukup Rp 1,2 juta

Dari gaji Rp 4 juta, alokasikan uang untuk makan sebesar Rp 1,2 juta per bulan. Anggaran itu untuk memenuhi kebutuhan makan secara sederhana.

Semisal, untuk sarapan sehari-hari bisa bihun, mi, sebutir telur dan segelas susu. Untuk makan siang juga sederhana, ditambah buah. Untuk makan malam bisa memasak 2 jenis sayuran dan segelas susu sebelum tidur.

#2 Jatah pulsa telepon Rp 185.000

Sebagai makhluk sosial, pertemanan harus terus dibangun untuk memperluas jaringan dan mengenal lebih banyak orang baru. Salah satu medianya melalui telepon genggam.

Anggarkan Rp 185.000 untuk jatah pulsa bulanan. Untuk membangun pertemanan lebih baik, tidak ada salahnya mentraktir teman atau orang baru. Jatah anggarannya cukup Rp 300.000 per bulan.

Setelah satu tahun, lingkaran pertemanan akan menghasilkan nilai yang luar biasa. Citra Anda sebagai orang yang baik dan murah hati akan semakin kuat.

#3 Jatah beli buku Rp 200.000

Belajar tak mengenal usia. Kebutuhan menambah ilmu pengetahuan pun tak bisa dihindari. Sisihkan sekitar Rp 200.000 setiap bulan untuk keperluan menambah pengetahuan, semisal membeli buku.

Jika Anda tidak memiliki uang banyak untuk belajar di lembaga pendidikan formal, buku menjadi sangat penting untuk menambah pengetahuan dan ilmu. Kuncinya, pelajari dan terapkan strategi yang diajarkan di dalamnya.

Setelah itu, buatlah resume dari buku itu. Berbagilah dengan orang lain. Ini akan meningkatkan kepercayaan dan daya tarikmu di hadapan orang lain. Perlu juga menyisihkan uang Rp 300.000 jika butuh pelatihan untuk meningkatkan kemampuan. Jika punya rezeki lebih, tambahkan simpanan uang untuk pelatihan lanjutan.

Ketika kamu berpartisipasi dalam training yang baik, kamu tidak hanya mendapatkan pengetahuan, melainkan kamu juga akan bertemu dengan teman baru.

#4 Rp 400.000 buat liburan

Merencanakan liburan penting dilakukan. Para pekerja harus mempunyai waktu libur sehingga bisa menghilangkan stres dalam pekerjaannya.

Untuk itu perlu dialokasikan jatah biaya untuk berlibur. Minimal 10 persen dari gaji atau sekitar Rp 400.000.

Liburan ini harus dilakukan minimal sekali dalam setahun. Tinggalah di hostel murah untuk menghemat biaya liburan. Gunakan pengalaman liburan untuk kemudian tetap semangat bekerja.

#5 Jatah investasi Rp 1 juta

Anda juga disarankan untuk mulai mengalokasikan uang untuk berinvestasi. Minimal Rp 1 juta setiap bulan. Uang itu bisa dijadikan modal awal membangun bisnis kecil-kecilan.

Bagaimanapun juga, ketika Anda mulai mendapatkan uang, hal itu akan meningkatkan rasa percaya diri. Akan muncul juga keberanian mempelajari pengalaman baru dalam menjalankan bisnis kecil.

Ketika memperoleh uang lebih banyak, Anda bisa mulai membeli rencana investasi jangka panjang dan mendapatkan jaminan jangka panjang untuk kekayaan Anda dan keluarga. Jadi tidak peduli apapun yang terjadi, akan selalu ada dana yang cukup dan kualitas hidup akan terjamin.

Cara tersebut diatas hanyalah salah satu cara, biasanya dalam prakteknya pasti jauh lebih sulit. Namun lagi-lagi semua dikembalikan kepada diri masing-masing. Cara hidup dan gaya hidup juga bisa berpengaruh terhadap sukses tidaknya menerapkan dan mempraktekan tips diatas. Semuanya dikembalikan kepada diri masing-masing.

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Krisis Rohingya: Solusinya Tak Hanya Mengecam dan debat di SosialMedia

Saya turut berduka atas tragedi yang terjadi di Rohingnya, Myanmar. Namun saya juga jauh lebih …

5 comments

  1. Trus klo yg punya pengeluaran gini gak butuh rumah? tinggalnya kayak artis gitu, ada rumah tidur sembarang…
    Aya aya wae…

  2. Aku juga spt itu, apalgi aku gajinya cunma 3 jt. Tp yg paling sulit menyadarkan istri supaya hidup hemat..tp istri gau mau menegrti, apalgi lihat kiri kanan tetangga.

    • Sepertinya keluhan anda adalah hal yg wajar dialami byk orang. Mario Teguh sendiri pernah sampai bilang begini “Istri menyuruh suaminya untuk SUPER BERHEMAT, sedangkan Istri akan punya beribu alasan untuk Berbelanja dengan uang hasil HEMAT suaminya” ? 😀

      Apakah itu benar? 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*