Home ::: Headline ::: Kritik Pedas Para Bos Apple Pada Android

Kritik Pedas Para Bos Apple Pada Android

Personal BLOG || Anda pengguna Android atau Apple?

Jika anda pengguna Android, tentunya siap-siap mendengarkan bagiamana para pembesar Apple memberikan kritik pedas untuk Android.

Berikut ini merupakan kritik para pimpinan tertinggi Apple terhadap Android yang saat ini merupakan saingan terbesar Apple yang saya kutip langsung dari detikInet (20/11/13).

Android dinilai sebagai pesaing kuat Apple iOS. Terbukti kemudian, ponsel dengan OS Android berhasil menjadi yang terpopuler di dunia dan mengalahkan iOS.

Para pimpinan tertinggi Apple pun berulangkali melempar kritikan miring pada Android. Dari tudingan bahwa Android adalah jiplakan iOS sampai menyatakan Android tidak sebagus iOS dalam soal pengalaman pemakaian.

Kritikan apa saja yang pernah dikemukakan para bos Apple tentang Android? Berikut di antaranya seperti dihimpun dari berbagai sumber:

1. Android adalah Pengganti Ponsel Murahan

Phil Schiller, Senior Vice President Apple, menyatakan bahwa Android seringkali ditujukan sebagai pengganti ponsel feature phone yang berharga murah.

“Android sering diberikan sebagai pengganti feature phone dan pengalaman pemakaiannya tidak sebagus iPhone,” kritik Schiller pada pertengahan tahun ini.

Schiller juga menilai iPhone masih memiliki layar kualitas terbaik dan baterai yang awet. Kompetitor Android, menurutnya, berusaha menyaingi keawetan baterai itu dengan membuat ponsel berukuran besar.

“Alasan mengapa orang-orang memperbesar ukuran perangkatnya adalah untuk menandingi keawetan baterai iPhone 5,” tukasnya, menanggapi tren ponsel Android layar jumbo.

2. Ponsel Android Jadul Bertebaran

Phil Schiller memang terhitung sering mengkritik Android. Ia pernah menyatakan bahwa Android terpecah-pecah dengan begitu banyaknya model dan variasi software.

Banyak user Android juga terjebak memakai OS versi lamanya. Dan belum tentu mereka akan mendapatkan upgrade, tergantung kebijakan vendor masing-masing.

“Dengan data mereka sendiri, hanya 16% user Android memakai versi OS yang berumur satu tahun. Lebih dari 50% masih memakai software yang berumur dua tahun,” kata Schiller.

Schiller membandingkan pengguna iOS yang separuh di antaranya sudah memakai versi terbarunya. Selain itu, dia juga menilai pengalaman memakai Android inferior dibandingkan menggunakan iOS.

3. Android Tidak Digunakan Sebanyak iPhone

Chief Financial Officer Apple, Peter Oppenheimer, menyatakan bahwa pengguna iPhone menghabiskan 53% lebih banyak dalam memakai ponselnya ketimbang pengguna Android.

“Pengalaman pemakaian yang hebat memang berujung pada penggunaan perangkat yang lebih tinggi,” klaim Oppenheimer.

Dengan kata lain, pengalaman pemakaian di iPhone diklaim lebih hebat dibandingkan ponsel berbasis Android.

Oppenhemier juga menyatakan 96% pemakai iPhone merasa puas dengan performa handsetnya dan 92% merupakan pemakai yang loyal.

4. Android Terbesar Tapi Apple Terbaik

Android memang menjadi sistem operasi ponsel terpopuler di dunia saat ini. Namun Tim Cook selaku CEO Apple tidak ambil pusing karena menurutnya, yang terbesar belum tentu yang terbaik.

Tim Cook menyatakan tujuan Apple adalah menjadi yang terbaik, bukan untuk menjadi manufaktur produk teknologi terbesar di dunia. Meskipun merek iPhone ataupun iPad juga termasuk paling laris di segmennya.

“Tentu saja saya melihat (pertumbuhan Android-red). Namun bagi kami, menang bukan berarti jadi pembuat terbanyak. Kami mungkin adalah pembuat PC terbaik, namun kami bukan produsen terbanyak. Sama halnya dengan pemutar MP3,” katanya.

“Namun di tablet, kami menjadi yang terbaik sekaligus pembuat terbanyak. Di ponsel, kami membuat yang terbaik, namun memang bukan yang terbanyak,” jelas suksesor mendiang Steve Jobs ini.

5. Android adalah Contekan iOS

Bukan rahasia lagi jika Steve Jobs sangat membenci Android. Sampai-sampai, pendiri Android Andy Rubin sempat kena umpat Jobs dengan kata-kata yang begitu kasar.

Kecaman Jobs kepada Android dan pendirinya pun diulas dalam dalam buku Fred Vogelstein berjudul ‘Dogfight: How Apple And Google Went To War And Started a Revolution’.

Saking kesalnya, Jobs bahkan menyebut Andy Rubin dengan kalimat, “Big, arrogant f**k,” and Android itself as a “f****ng rip off of what we’re doing“.

Tak berapa lama sebelum kematiannya, Steve Jobs memang menyatakan sangat ingin menghancurkan Android. Kata-katanya yang cukup terkenal, dia hendak melancarkan perang termonuklir dengan Android yang dinilainya menjiplak iOS.

“Aku akan menghabiskan nafas terakhirku jika perlu dan aku akan menghabiskan semua uang USD 40 miliar milik Apple di bank, untuk membenarkan kekeliruan ini. Aku akan menghancurkan Android, karena ini adalah produk curian. Aku mau melakukan perang termonuklir atas hal ini,” kata Jobs.

Apa komentar anda usai baca tulisan diatas?

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Krisis Rohingya: Solusinya Tak Hanya Mengecam dan debat di SosialMedia

Saya turut berduka atas tragedi yang terjadi di Rohingnya, Myanmar. Namun saya juga jauh lebih …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*